PKN | Bhineka Tunggal Ika

 Istilah Bhinneka Tunggal Ika diambil dari Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular yang dikarang pada abad ke-14. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno dengan menggunakan aksara Bali. Kutipan kalimat Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam petikan pupuh 139 bait 5 pada Kitab Sutasoma

Makna bhineka tunggal ika

 Sejarah tentang semboyan bhineka tunggal ika tidak akan terlepas dari lambang negara kita, yaitu garuda pancasila. Pada pasal 1 peraturan pemerintah RI (PP) Nomor 66 Tahun 1951.

 Selain bisa menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia, keberagaman juga bisa memicu permasalahan jika enggak ada persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Maka dari itu, masyarakat harus bersatu agar bisa hidup dengan tentram dan damai, Kids.

Nilai nilai kebhinekaan apa saja?

Nilai Kebhinekaan Dalam Profil Pelajar Pancasila

Nilai Gotong Royong. Gotong royong adalah istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. ...

Nilai Kerukunan. Nilai kerukunan adalah apresiasi terhadap orang, agama, atau suku lain. ...

Nilai Keadilan.

Empat pilar” yang menjadi dasar dalam membangun bangsa Indonesia saat ini dan masa depan adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pasal 36A UUD 1945 yang menerangkan bahwa lambang negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 Pada pasal 36 dalam UUD 1945 berbunyi, “Bahasa negara adalah bahasa Indonesia”. Kalimat itu menegaskan bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki kedudukan yang sangat kuat, digunakan dalam urusan kenegaraan dan urusan tata pemerintahan.

Referensi : Tiktok

Konten milik : @siapjadiasn

Diupload oleh : Ricco khalish ardiawan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunda | Sajak Sunda

Kimia | Menghitung MR Kimia